26 October 2011

Langkah Check in di Bandara international

Kebingungan karena baru pertama kali masuk ke dalam airport internasional? Itulah yang saya alami pada tanggal 17 oktober 2011. Walaupun sebelumnya sudah sering masuk ke airport untuk mengantarkan atau menjemput wisatawan, tetapi tetap saja rasa bingung itu muncul.

Ini karena jika kita menjemput tamu di airport, kita hanya menunggu di gate kedatangan, baik internasional maupun domestic. Jadi belum pernah sekalipun saya langsung masuk ke dalam Bandara. Apa lagi naik pesawat. Ini akan menjadi pengalaman pertama yang pasti sangat mengesankan.

Nah, kini saatnya berbagi tips untuk anda yang pertama kali memasuki kawasan airport. Langkah Check in di Bandara international Ngurah Rai Bali adalah:

1. Datanglah lebih awal ke bandara international, biasanya agen ticketing anda akan memberikan saran baik lisan maupun tertulis untuk datang sekitar 1 jam sebelum check in time. Note: baca dan perhatikan baik-baik isi dari tiket pesawat yang telah dicetak.

2. Karena pada saat itu saya menggunakan penerbangan domestic, maka saya langsung menuju ke pintu keberangkatan domestic (domestic departure) yang ada di timur bandara ngurah rai. Sangat dekat dengan pintu masuk bandara, jadi anda dapat dengan mudah menemukannya.

3. Pada saat masuk akan ada seorang petugas yang memeriksa tiket anda, jadi sebaiknya tiket sudah dikeluarkan sebelum masuk. Dengan bukti tiket itu maka anda diperbolehkan masuk ke dalam bandara international ngurai rai Bali.

4. Selanjutnya barang bawaan anda (luggage) akan diperiksa kedalam alat x-ray, jadi anda tinggal letakkan saja barang-barang di sana kemudian akan bergerak ke dalam sendiri. Jika ada hal-hal yang mencurigakan maka tas akan diperiksa manual, alias dobongkar.

5. Sementara tas anda berjalan, andapun diperiksa dengan cara melewati semacam pintu yang dapat mendeteksi barang-barang berbahaya yang melekat pada tubuh anda. Pada saat itu di kantong kiri saya terdapat sebungkus permen fisherman hahaha, pada saat detector diarahkan ke kantong, alat itupun berbunyi dan dengan tegas petugas wanita itu bertanya, “apa isi kantongnya?” saya jawab sambil tersenyum sembari mengeluarkan permen itu, “permen bu”, diapun hanya tersenyum lalu mengijinkan saya masuk. Jangan lupa untuk mengambil luggage anda tadi :D

6. Sekarang waktunya untuk check in di counter pesawat yang anda gunakan. Akan ada banyak pilihan seperti Lion, Garuda, Merpati, Batavia dsb. Pilih counter sesuai pesawat yang anda gunakan. Ingat! Yang check in di counter bukan anda sendiri, jadi budayakanlah untuk antre. Hehe…

7. Biasanya akan ada pilihan antara counter yang melayani penumpang dengan luggage dan tanpa luggage. Jika anda membawa barang yang cukup banyak (>20 Kg) sebainya gunakan fasilitas luggage. Tetapi memang butuh waktu lama untuk claim luggage di bandara tujuan nantinya. Jika tidak ada luggage, carilah counter yang bertuliskan tanpa luggage (No Luggage).

8. Pada saat bertatap muka dengan staff counter, anda akan disapa dengan ramah kemudian diminta untuk menunjukan ticket anda. Bisa versi cetak/versi digital (menggunakan ipad)

9. “mohon ditunggu pak” begitu kata staff counter itu. beberapa saat kemudian wanita cantik itu langsung memberikan saya selembar kertas yang disebut boarding pass. Disana akan berisi data-data penting seperti nomer penerbangan, boarding time, nomer tempat duduk, nomer gate tempat anda menunggu dsb. Namun bisanya staff counter airline akan melingkari pada gate tempat kita menunggu dan boarding time.

10. Setelah itu berjalanlah menuju ke nomor gate yang telah tertera pada boarding pass anda. Patikan anda berada pada gate yang benar. Untuk di bandara ngurah rai bali, sebelum menuju gate, kita akan menaiki escalator. Kemudian antre lagi untuk membayar airport tax sekitar 40.000 untuk penerbangan domestic.

11. Kemudian barang bawaan dan diri kita kembali diperiksa. Pemeriksaan yang berlapis sangat baik untuk menghindari terjadi hal-hal yang tidak diinginkan di bandara ataupun di pesawat nantinya.

12. Kemudian anda harus benar-benar memperhatikan tanda panah yang menunjukkan arah ke gate masing-masing (nomor gate anda ada di boarding pass)

13. Setelah menemukan gate anda, maka anda dapat bersantai di kursi-kursi yang telah disediakan karena waktu yang anda miliki cukup banyak.

14. Sembari menunggu boarding time di bandara ngurah rai bali banyak terdapat stand makanan dan souvenir khas bali. pada saat itu saya tertarik melihat-lihat souvenir dan ada juga wine-wine khas Bali. jika anda jenuh menunggu alternatifnya mungkin hanya jalan kesana kemari tengak-tengok aja :)

15. Namun jangan sampai anda tidak memperhatikan panggilan melalui pengeras suara yang akan menyebutkan nomor penerbangan dan pesawat mana saja yang penumpangnya sudah bisa boarding. Keterlambatan dan segala informasi penting akan disampaikan lewat pengeras suara itu. jadi DENGARKANLAH!

16. Jika pesawat anda sudah tiba maka pengumuan melalui speaker akan seperti ini, “pengumuman bagi seluruh penumpang Lion Air dengan nomor penerbangan JT 0015 dengan tujuan Jakarta. Berhubung pesawat anda sudah siap, maka anda dipersilahkan untuk menuju ke pintu gate 15. Demi kenyamanan bersama mohon persiapkan boarding pass anda dan berjalanlah secara perlahan. Terimakasih!” Note: nomor penerbangan dan gate hanya contoh! Nantinya akan sesuai dengan boarding pass anda masing-masing.

17. Kemudian anda menuju ke pintu gate dengan mengantre terlebih dahulu. Tunjukan boarding pass anda pada petugas, maka akan dirobek bagian kecilnya dan sisanya disimpan untuk kenangan hahaha…

18. Proses check in hingga boarding telah usai dan kini anda tinggal menuju ke pesawat anda.

Begitulah Langkah Check in di Bandara international Ngurah Rai Bali. langkah ini pastinya akan sama dengan bandara internasional lainya di seluruh dunia, walaupun tidak persis sama, tetapi intinya ya seperti itulah :0

Jika anda punya pengalaman yang menarik, saran ataupun keluhan tetang Langkah Check in di Bandara international Ngurah Rai Bali, bisa anda share melalui comment anda dibawah ini. Semoga bermanfaat!

Artikel Terkait Lainnya Seputar:



0 comments:

Post a Comment

Salam Hangat dari Dewa Setiawan.
silahkan menggunakan form dibawah ini untuk memberikan komentar tentang postingan ini. Jangan lupa untuk Like FB Fans Page saya.